Shalat Gerhana Bulan Saat Pandemi Covid-19, Berikut Bacaan Niat dan Tata Caranya

- Rabu, 26 Mei 2021 | 14:23 WIB
Ilustrasi gerhana bulan. (Pixabay/LOBS Arts)
Ilustrasi gerhana bulan. (Pixabay/LOBS Arts)

HALLO BOGOR – Gerhana bulan yang akan terjadi pada hari ini, Rabu, 26 Mei 2021, adalah salah satu fenomena alam. Umat islam dianjurkan untuk mengerjakan shalat gerhana bulan.

Shalat gerhana bulan bisa dikerjakan secara berjamaah, baik dikerjakan di masjid maupun di lapangan. Ataupun dikerjakan sendiri-sendiri di rumah.

Untuk shalat gerhana bulan yang dikerjakan secara berjamaah, maka setelah selesai shalat disunnahkan diadakan khutbah gerhana.

Baca Juga: Gerhana Bulan Total, Umat Islam Diminta Kemenag Lakukan 3 Hal Ini Termasuk Shalat Sunnah

Dan barang siapa yang mengerjakan shalat gerhana bulan secara sendirian/munfarid, maka tidak perlu pakai khutbah.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah, dan ia tidak akan mengalami gerhana disebabkan karena mati atau hidupnya seseorang. Jika kalian melihat gerhana keduanya, maka berdoalah kepada Allah dan dirikan salat hingga (matahari/bulan) kembali tampak.” (H.R. Al-Bukhari).

Untuk waktu pelaksanaan shalat gerhana bulan atau khusuf, dimulai saat terjadi Gerhana Bulan sampai dengan Bulan terbit kembali atau sampai tampak secara utuh.

Baca Juga: Umat Muslim Disunnahkan Shalat Gerhana Dua Rakaat. Inilah Caranya, Mulai Niat hingga Salam

Karena masih pandemi, maka shalat Gerhana bulan diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, yaitu dengan tetap memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

Halaman:

Editor: Fidelis Batalinus

Tags

Terkini

Ulasan Waktu Bersedekah yang Tepat, Simak yuk?

Kamis, 24 November 2022 | 20:05 WIB

Lirik Sholawat jibril, Shallallahu Ala Muhammad

Sabtu, 19 November 2022 | 01:55 WIB
X