Mahasiwa FKM UI Berdayakan Masyarakat lewat Gerakan Emak Sigap Covid

- Rabu, 9 Desember 2020 | 19:20 WIB
Ketua Tim Pengmas oleh Mahasiswa, Ayu Khoirotul dan kawan-kawan bersama Kepada Desa Cipambuan Dadang Darajad. (Dok. Gerakan Emak Sigap Covid)
Ketua Tim Pengmas oleh Mahasiswa, Ayu Khoirotul dan kawan-kawan bersama Kepada Desa Cipambuan Dadang Darajad. (Dok. Gerakan Emak Sigap Covid)

HALLO BOGOR - Tim pengabdian masyarakat (pengmas) dari mahasiswa pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) memberikan sosialisasi daring kepada 21 kader kesehatan dari Desa Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor pada 1-3 Desember 2020 lalu.

Lokasi tersebut dipilih karena pada bulan November, Kecamatan Babakan Madang termasuk dalam zona merah Covid-19.

Pengmas ini dibimbing oleh Dr. drs. Tri Krianto, M.Kes dari Departemen Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) FKM UI.

Baca Juga: Putus Rantai Kemiskinan, Kemensos Galakkan Gerakan Ayo Kuliah Anak KPM PKH

Ketua tim pengmas oleh mahasiswa, Ayu Khoirotul mahasiswa pascasarjana PKIP FKM UI, mengatakan bahwa materi yang disampaikan kepada ibu kader kesehatan meliputi Materi Penularan dan Pencegahan Covid-19, Gizi Seimbang, dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Ketiga materi ini dipilih karena ketiganya merupakan upaya pencegahan terhindar dari Covid-19. Dia menerangkan, aksi ini menjadi upaya peningkatan peran kader kesehatan dalam mengedukasi masyarakat sekitarnya.

Covid-19 menjadi masalah kita bersama dan kader kesehatan dapat dijadikan sebagai ujung tombak pemberi informasi yang benar di kalangan masyarakat”, kata Ayu, dalam keterangan tertulis yang diterima Hallobogor.com, Rabu, 9 Desember 2020.

Baca Juga: Prioritas Tertinggi Pemerintah, Kesehatan dan Keselamatan Guru dan Siswa

Kader kesehatan dipilih sebagai sasaran program pengmas ini karena merupakan tokoh masyarakat bidang kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat.

Halaman:

Editor: Fidelis Batalinus

Tags

Terkini

X