Mulai Februari, Merah Putih Kembali Berkibar di Ajang Olahraga

- Rabu, 19 Januari 2022 | 19:18 WIB
Ilustrasi bendera merah putih yang mulai Februari  kembali berkibar di ajang olahraga. (TVRI)
Ilustrasi bendera merah putih yang mulai Februari kembali berkibar di ajang olahraga. (TVRI)



HALLO BOGOR - Indonesia kembali dapat mengibarkan bendera merah putih di setiap ajang olahraga mulai Februari nanti.

Kabar baik itu disampaikan oleh World Anti-Doping Agency (WADA) melalui surat resmi seperti dilansir oleh TVRI Nasional, Rabu, 19 Januari 2022.

Surat itu ditandatangani oleh Head of the Compliance Unit (Kepala Unit Kepatuhan) WADA, Emiliano Simoneli, yang dikirimkan kepada Lembaga Antidoping Indonesia (LADI).

Baca Juga: Bursa Asia Masih Merah, IHSG Bertambah Melemah ke Level 6.591

Seperti diketahui, WADA menjatuhkan sanksi kepada Indonesia sejak Oktober 2021 karena dianggap tidak patuh pada standard operating procedure (SOP) organisasi tersebut.

Akibatnya, bendera merah putih tidak dapat berkibar dalam setiap ajang olahraga, salah satunya saat Piala Thomas 2020 kemarin.

“Atas semua yang kita risaukan tentang pengibaran bendera dan halangan lain, dari konfirmasi Ketua Tim Satgas, awal Februari bendera merah putih bisa berkibar,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Baca Juga: Senantiasa Siaga di Natuna, Satgas Marinir Periksa Kesiapan Ranpur BVP-2

Pencabutan sanksi ini lebih cepat dari ketentuan sebelumnya, sebab jangka waktu yang seharusnya adalah satu tahun, yaitu Oktober 2021 hingga Oktober 2022.

Namun karena kerja keras tim gugus tugas percepatan penyelesaian masalah ini yang dipimpin oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, akhirnya sanksi itu dapat dicabut lebih cepat.

Halaman:

Editor: Budi Waskito

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X