Keistimewaan Menikahi Satu Janda Lebih Baik dari 100 Perawan? Ini Faktanya

- Rabu, 25 Januari 2023 | 14:06 WIB
Keistimewaan menikahi seorang janda dibandingkan dengan perawan adalah Sunnah Nabi (Hallo Bogor/tangkapan layar Fatih syuhud)
Keistimewaan menikahi seorang janda dibandingkan dengan perawan adalah Sunnah Nabi (Hallo Bogor/tangkapan layar Fatih syuhud)

Hallo Bogor - Manusia sejatinya diciptakan untuk hidup berpasang-pasangan. bagi umat islam, manusia yang sudah mencapai akhir bhalig nya dianjurkan untuk segera menikahi. Tentukan pilihan pasangan janda atau perawan hakekatnya sama. 

Namun, ada keistimewaan ketika menikahi seorang janda yang sudah memiliki anak atau pun belum, dibandingkan dengan perawan atau gadis semua itu kembali lagi kepada jodoh yang diberikan oleh Allah SWT. 

menikahi seorang janda merupakan sunnah Nabi dari itulah keistimewaannya, namun bukan berarti tidak sunah juga menikahi seorang perawan lebih mendapatkan keutamaan saja. 

Baca Juga: 10 Kelebihan Orang yang sering Menyendiri, Ternyata Unik Bikin Penasaran?

Pernikahan dengan janda atau perawan sangat dianjurkan pelaksanaannya bagi umat Islam. namun pada kondisi tertentu Hukumnya bisa menjadi wajib, sunnah, makruh, bahkan bisa menjadi haram dan itu disebutkan dalam Firman-Nya. 

Allah berfirman dalam surat Yasin ayat 36:

سُبْحٰنَ الَّذِيْ خَلَقَ الْاَزْوَاجَ كُلَّهَا مِمَّا تُنْۢبِتُ الْاَرْضُ وَمِنْ اَنْفُسِهِمْ وَمِمَّا لَا يَعْلَمُوْنَ

Sub-ḥānallażī khalaqal-azwāja kullahā mimmā tumbitul-arḍu wa min anfusihim wa mimmā lā ya'lamụn.

Baca Juga: Ternyata Kabupaten Bogor Memiliki Perbatasan dengan Wilayah ini, Pantaskah?

“Mahasuci (Allah) yang telah menciptakan semuanya berpasang-pasangan, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka sendiri, maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.”

Namun baru-baru ini, kaum muda yang terutama ber gender pria seringkali terhambat untuk menikah karena rumitnya menentukan pilihan pasangan hidup. idealisme dan faktor lainya seringkali dijadikan suatu alasan mengapa menunda-nunda pernikahan.

Baca Juga: Mampu Lewati Pandemi Covid-19, Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Bogor Melesat Tajam, Cek Faktanya?

Hal serupa dialami oleh pria berinisial (H), pemuda asal cimayang ini telah 2 tahun terhambat melakukan pernikahan karena kesulitan pilihan.

 "Dua taun aing lieur neangan calon pamajikan, duit aya, naon aya, tapi pusing ku milih hungkul" jika diartakan. ( dua tahun saya bingun mencari calon istri, uang ada, apa-apa ada, tapi pusing bahkan hanya untuk memilih)," ujarnya kepada tim Hallo Bogor.

Halaman:

Editor: Wawah HB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Efek Kopi terhadap Kadar Gula Darah selama Puasa

Minggu, 26 Maret 2023 | 02:56 WIB
X