Lima Jenis Vaksin Bisa Dijadikan Booster, Ini Rinciannya

- Selasa, 11 Januari 2022 | 09:16 WIB
Kepala Badan POM Penny Lukito. (TVRI Nasional)
Kepala Badan POM Penny Lukito. (TVRI Nasional)

HALLO BOGOR - Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) memutuskan, lima jenis vaksin dapat digunakan untuk booster atau vaksinasi dosis tiga.

Kepala Badan POM, Penny Lukito, mengatakan keputusan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk percepatan menangani pandemi Covid-19.

Badan POM bersama pihak terkait telah melakukan pengkajian, katanya seperti dilansir oleh TVRI Nasional dalam laporan yang diperoleh Selasa, 11 Januari 2022.

Baca Juga: Dimulai Senin Pagi, Atlet Bulutangkis Berbagai Provinsi Berlaga di Seleknas 2022

Secara rinci ia mengatakan, kelima vaksin yang telah menerima Emergency Use Authorization (EUA) adalah CoronaVax dari Bio Farma, Pfizer, AstraZeneca, Moderna dan Zifiva

Ia mengatakan, pemberian booster diperlukan untuk meningkatkan kembali imunogenisitas yang telah menurun dan mempertahankan efikasi vaksin.

Hasil pengamatan uji klinik vaksin Covid-19 menunjukkan adanya penurunan kadar antibodi hinga di bawah 30 persen setelah enam bulan disuntik vaksin lengkap dengan dua dosis, jelasnya.

Baca Juga: IHSG Sore Berbalik Melemah ke Level 6.691

Vaksinasi booster akan diprioritaskan untuk populasi berisiko tinggi, mulai dari warga lanjut usia, tenaga kesehatan dan kelompok perorangan yang selanjutnya bakal diberikan untuk masyarakat umum. ***

Halaman:

Editor: Budi Waskito

Sumber: TVRI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TNI AL Berencana Bangun Pangkalan Utama di Natuna

Jumat, 21 Januari 2022 | 10:31 WIB

Pemerintah Lanjutkan PPKM Luar Jawa-Bali

Minggu, 16 Januari 2022 | 23:35 WIB
X