Buntut Euforia Sambut Bebasnya Saipul Jamil, Ketua KPAI Sentil Stasiun Televisi Swasta

- Kamis, 9 September 2021 | 19:15 WIB
Ketua KPAI Susanto, soroti euforia sambut bebasnya Saipul Jamil dan beri teguran ke satu stasiun televisi swasta. (Instagram.com/@kpai_official)
Ketua KPAI Susanto, soroti euforia sambut bebasnya Saipul Jamil dan beri teguran ke satu stasiun televisi swasta. (Instagram.com/@kpai_official)

HALLO GOGOR – Ketua Komisi Perlindungan Anak(KPAI) Susanto menilai bahwa euforia masyarakat atas bebasnya Saipul Jamil (SJ) melanggar semangat beretika dan lingkungan ramah untuk anak.

Ketua KPAI Susanto memaparkan bahwa Indonesia saat ini adalah tempat yang nyaman untuk anak, tetapi dengan melihat antusiasnya sambutan masyarakat terhadap Saipul Jamil, ini sangat melanggar semangat beretika.

Lebih lanjut, Susanto sangat menyayangkan stasiun televisi yang pada saat yang sama mengundang Saipul Jamil untuk mengisi acara di salah satu TV swasta tersebut.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Kunjungi PTM di Bogor, Minta Evaluasi Pelaksanaan Secara Berkala

“Lembaga penyiaran mari kita sehatkan siaran dan yang mengedukasi masyarakat, jangan kemudian cenderung pada rating saja,” demikian ungkap Ketua KPAI Susanto, dikutip Hallobogor.com dari keterangan tertulis, Kamis 9 September 2021.

Menurut Susanto kemunculan Saipul Jamil di televisi membuat trauma pada korban kekerasan seksual yang mana kerentanan trauma itu bisa saja terjadi.

“Dalam konteks pemberitaan kami sudah bersurat pada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) agar melakukan revisi terhadap P3SPS, karena menjadikan acuan dalam menyiarkan hal ke publik,” demikian ungkapnya.

Baca Juga: Menteri Bintang Tekankan Peran Orang Tua dan Guru dalam Pelaksanaan PTM, Begini Pesannya

Dalam Undang- Undang No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak yaitu” anak sebagai korban, saksi dan pelaku tidak boleh di publish identitasnya”.

Halaman:

Editor: Fidelis Batalinus

Sumber: kpai.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X