Kolam Alami Umbul Manten di Klaten, Destinasi Wisata yang Banyak dikunjungi Wisatawan Karena Sejarahnya

- Jumat, 17 Maret 2023 | 20:38 WIB
Wisata kolam renang Umbul Manten Klaten (Hallo Bogor/IG Selebgramtraveller)
Wisata kolam renang Umbul Manten Klaten (Hallo Bogor/IG Selebgramtraveller)

Hallo Bogor - Umbul Manten adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di Klaten, Jawa Tengah. Namun, bagi sebagian orang, mungkin tidak banyak yang tahu tentang sejarah dari Umbul Manten ini. 

Ternyata, Umbul Manten memiliki sejarah yang cukup panjang, terkait dengan keberadaannya sebagai sebuah kolam renang. Konon, awalnya Umbul Manten merupakan sebuah kolam kecil yang menjadi tempat mandi para pengunjung. 

Namun seiring dengan waktu, Umbul Manten berkembang menjadi sebuah destinasi wisata berupa kolam renang yang cukup terkenal. Umbul Manten merupakan salah satu dari sekian banyak umbul (mata air) yang terdapat di Tulung, Klaten

Baca Juga: Situs Peninggalan Kerajaan Kuno di Jawa Tengah Candi Bubrah Klaten, Warisan Budaya Indonesia

Umbul Manten memiliki air yang sangat jernih, sejuk, dan menyegarkan. Oleh karena itu, tak heran jika Umbul Manten menjadi destinasi wisata yang diminati oleh banyak wisatawan, baik lokal maupun dari mancanegara. Meskipun begitu, Umbul Manten tetap mempertahankan keasrian dan kesejukan alamnya yang menghijau. 

Dalam bahasa Jawa, “umbul” berarti mata air atau kolam yang terbentuk dari mata air. Sementara itu, “manten” memiliki arti pengantin dalam bahasa Indonesia. Konon, nama Umbul Manten berasal dari cerita rakyat tentang seorang pengantin yang menghilang secara misterius pada hari pernikahannya, dan kemudian muncul di kolam yang menjadi Umbul Manten saat ini. 

Baca Juga: Keindahan Alamnya yang Mempesona, Wisata Pantai Batu Topeng Jepara : Juga Sejarah Asal Usulnya

Beberapa versi cerita masyarakat Klaten menyebutkan bahwa pengantin tersebut terjatuh ke dalam kolam dan kemudian tidak pernah muncul lagi, sementara versi lain menyebutkan bahwa pengantin tersebut menemukan jalan masuk ke dunia bawah tanah melalui kolam tersebut.  

Disini pengunjung juga dapat menikmati wisata Umbul Manten, sensasi berenang lengkap dengan foto underwater yang sangat menawan sebagai kenang-kenangan.

Editor: Wawah HB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X