Bentuk Pengabdian FMIPA –UI ke Masyarakat di Desa Karangbungur Sumedang, Program Gerakan Mengajar

- Rabu, 23 November 2022 | 09:32 WIB
Tim pengabdian masyarakat FMIPA UI di Karangbungur Sumedang  (Wawah Hallobogor/Foto UI)
Tim pengabdian masyarakat FMIPA UI di Karangbungur Sumedang (Wawah Hallobogor/Foto UI)

Hallobogor - Karangbungur merupakan sebuah desa di Kecamatan Buahdua yang paling Utara. Desa Karbung disebutnya berbatasan dengan Kabupaten Pamanukan. Disanalah tim pengabdian masyarakat FMIPA-UI melakukan pengabdian Masyarakat.

Pasalnya, Desa Karangbungur, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, terpilih menjadi salah satu desa yang mendapatkan kesempatan kegiatan-kegiatan dari mahasiswa dan dosen Universitas Indonesia.

Pada Bulan Januari 2022 yang lalu, sebanyak 50 mahasiswa UI dan 12 Dosen Pendamping melakukan Program Gerakan UI Mengajar ke 11 di 4 desa di Kabupaten Sumedang.

Baca Juga: Rekomendasi daftar film semi terbaik dari beberapa film semi Asian, Nontonya Pakai Handsfree

Dan hal tersebut yakni, program pengmas sanitasi Rumah Tangga dan Lingkungan Mandiri sebagai bentuk program UI yang lain (agustus – September) sebagai kelanjutan tindak lanjut atas MOU Pemda Sumedang dengan Universitas Indoniesia (UI) dalam pelaksanaan Tri Dharma, termasuk program Kampus Merdeka, dan Merdeka Belajar (MBKM 2022).

Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Dr. Taqyuddin SSI.Mhum.menyampaikan bahwa luasnya wilayah Sumedang yang melebihi DKI Jakarta menuntut partisipasi masyarakat pedesaan untuk meningkatkan pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana sanitasi keluarga maupun lingkungan pedesaan.

Baca Juga: Rekomendasi Campervan Ground di Puncak dan Bogor,

Seperti, air bersih, imunisasi, jambanisasi (kotoran, air pembuangan keluarga) dan pemusnahan sampah serta upya recycle barang sisa organik maupun an organik.

"intinya adalah Sanitasi mandiri penting, upaya Pemerintah Daerah Sumedang sudah maksimal dengan keterbatasannya seperti anggaran, tenaga dan Tupoksinya," ungkap Sofyan Cholid.Selasa, (20/11/2022). 

Halaman:

Editor: Wawah HB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berjuang Hebat, Tim Putri Indonesia Juara BATC 2022

Minggu, 20 Februari 2022 | 17:40 WIB
X