WHO Umumkan Virus Baru Varian Mu, Diduga Miliki Sifat Kebal Terhadap Vaksin

- Rabu, 1 September 2021 | 23:05 WIB
Ilustrasi Virus Mu - B.1.621. (Dok. Hallo Media/M. Rifa'i Azhari)
Ilustrasi Virus Mu - B.1.621. (Dok. Hallo Media/M. Rifa'i Azhari)

HALLO BOGOR - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan satu lagi virus baru varian Mu masuk dalam daftar virus yang dimonitoring melalui buletin mingguan yang dirilis pada 31 Agustus 2021.

WHO mengatakan bahwa varian Mu ini sudah bermutasi dan kemungkinan memiliki sifat resistensi terhadap vaksin, walaupun masih harus dibuktikan lebih lanjut secara ilmiah.

"Varian Mu memiliki konstelasi mutasi yang menunjukkan adanya potensi bersifat lolos terhadap imun," tulis buletin itu dilansir France24, 1 September 2021.

Baca Juga: Menteri PUPR Bangun Hunian Berkualitas di Papua Sekaligus Beri Stimulus Bagi Developer

Hal ini menimbulkna kekhawatiran baru tentang kemunculan mutasi virus baru mengingat kasus terkonfirmsai secara global kembali naik, walaupun masih didominasi oleh varian Delta.

Semua virus termasuk SARS-CoV-2 yang menyebabkan kasus Covid-19, akan terus bermutasi namun sejauh ini belum banyak berpengaruh terhadap sifat virus.

Varian yang pertama kali teridentifikasi di Columbia ini muncul secara sporadis di beberapa negara namun kasus yang paling banyak dilaporkan dari Amerika Selatan dan Eropa.

Baca Juga: IHSG Bergerak di Zona Merah Meski Bursa Saham Regional Naik, Pemicu Utamanya 3 Sektor Ini

"Walaupun prevelensi global varian Mu sudah turun di bawah 0,1 persen, prevelensi di Kolumbia 39 persen dan Ekuador mencapai 13 persen terus naik secara konsisten, " tulis buletin itu.

Halaman:

Editor: Fidelis Batalinus

Sumber: Hindustan times, france24.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X