Taliban Rayakan Kemenangan Setelah Pasukan Amerika Serikat Tinggalkan Afganistan

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 21:31 WIB
Pasukan Taliban. (Tangkapan layar/Al Jazeera)
Pasukan Taliban. (Tangkapan layar/Al Jazeera)

HALLO BOGOR - Tembakan kemenangan bergema di seluruh kota Kabul ketika pejuang Taliban menguasai bandara tepat setelah pasukan terakhir Amerika Serikat meniggalkan negara tersebut.

Sebuah rekaman video yang dikirim oleh Taliban menunjukkan para pejuang memasuki bandara setelah pasukan AS terbang dengan pesawat C-17 satu menit sebelum tengah malam.

"Ini adalah hari bersejarah dan momen historis," ujar juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid dilansir Reuters pada Selasa, 31 Agustus 2021.

Baca Juga: Ayu Thalia Sempat Unggah Foto Luka Kaki di Akun IG, Diduga Akibat Perlakuan Kasar Anak Ahok

"Kami sangat membanggakan momen ini, bahwa kami membebaskan negara kami dari negara adikuasa," ujar Mujahid saat konferensi pers di bandara.

Peristiwa ini menandakan berakhirnya peperangan selama 20 tahun sejak 2021 dimana milatan Istam Taliban justru tumbuh menjadi semakin kuat.

Peperangan terpanjang Amerika tersebut sudah merenggut hampir 2.500 tentara AS dan sekitar 240.000 warga Afganistan serta menelan biaya hampir mencapai 2 triliun dollar atau sekitar RP28.547 triliun.

Baca Juga: Padat Kendaraan Saat Pelonggaran PPKM, Jalur Puncak Akan Berlakukan Ganjil-Genap

Ribuan warga Afganistan sudah melarikan diri karena takut akan pembalasan Taliban. Diperkirakan 123.000 orang sudah dievakuasi keluar dari negara tersebut.***

Halaman:

Editor: Fidelis Batalinus

Sumber: Reuters

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X