pengurusan cara pengajuan dan persyaratan KTP Online, yuk Cek selengkapnya

- Jumat, 3 Maret 2023 | 23:04 WIB
pengurusan KTP online (Indonesiabaik.id)
pengurusan KTP online (Indonesiabaik.id)

Hallo Bogor - Pengurusan KTP secara online menjadi salah satu solusi yang dihadirkan oleh pemerintah untuk mempermudah proses administrasi bagi masyarakat. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang pengurusan KTP secara online, mulai dari cara pengajuan hingga persyaratan yang harus dipenuhi.

Baca Juga: Canggih, Ini Perbedaan KTP Bentuk Fisik dan KTP Digital, Sudah Daftar Belum Sobat Bogor?

Pengajuan KTP secara online dapat dilakukan melalui situs resmi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), yaitu https://www.kemendagri.go.id/layanan-publik/layanan-kependudukan/layanan-e-ktp. Setelah mengakses situs tersebut, pengguna harus memilih jenis layanan yang diinginkan, yaitu:

  1. Layanan e-KTP Baru Pengguna yang ingin membuat KTP baru dapat memilih layanan ini. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:
  • Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Membawa KTP sementara dan Kartu Keluarga (KK) asli saat dilakukan verifikasi oleh petugas
  • Membawa pas foto berwarna dengan latar belakang merah dan ukuran 4x6 cm
  • Membawa dokumen pendukung seperti Surat Keterangan Pindah (SKP) bagi yang pindah domisili
  1. Layanan Perubahan Data Pada e-KTP Pengguna yang ingin mengubah data pada KTP-nya dapat memilih layanan ini. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:
  • Memiliki NIK
  • Membawa KTP sementara dan KK asli saat dilakukan verifikasi oleh petugas
  • Membawa dokumen pendukung yang menyatakan perubahan data, seperti Surat Nikah bagi yang mengubah status perkawinan, atau Surat Keterangan Kelahiran bagi yang menambah anggota keluarga.

Setelah memilih jenis layanan yang diinginkan, pengguna harus mengisi formulir pengajuan yang telah disediakan di situs tersebut. Pengguna harus memastikan bahwa data yang dimasukkan sudah benar dan lengkap. Setelah selesai mengisi formulir, pengguna dapat memilih tanggal dan waktu yang diinginkan untuk dilakukan verifikasi oleh petugas.

Baca Juga: Sungguh Disayangkan KTP el Warga, Disdukcapil Kabupaten Bogor, Disalahgunakan untuk Pemilu 2024

Pengguna juga harus menyiapkan dokumen pendukung yang diperlukan dan pas foto berwarna dengan latar belakang merah dan ukuran 4x6 cm. Dokumen pendukung tersebut harus diunggah ke dalam sistem sebagai syarat pengajuan.

Setelah semua persyaratan terpenuhi, petugas akan melakukan verifikasi data dan dokumen yang telah diunggah oleh pengguna. Jika semua data dan dokumen telah diverifikasi dengan benar, maka petugas akan mencetak KTP dan mengirimkannya ke alamat yang telah diisi oleh pengguna dalam formulir pengajuan.

Editor: Yoga Adiputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengurusan BPJS Online, yuk Cek selengkapnya

Jumat, 3 Maret 2023 | 22:19 WIB
X