Sejarah Singkat Asal Usul Penamaan Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor

- Rabu, 25 Januari 2023 | 21:31 WIB
Hamparan pohon bambu yang rumpun di Kecamatan Rumpin Bogor  (Hallo Bogor/Foto: ozos)
Hamparan pohon bambu yang rumpun di Kecamatan Rumpin Bogor (Hallo Bogor/Foto: ozos)

Hallo Bogor - RUMPIN, Sejarah singkat Kecamatan Rumpin, salah satu Kecamatan yang berada di wilayah Barat Kabupaten Bogor. Kecamatan yang membawahi 14 desa ini, memiliki seutas cerita hingga asal usul penamaan Kecamatan Rumpin.

Mengulas kemasa lalu, jauh sebelum kemerdekaan, pohon bambu sudah menjadi komoditas perekonomian masyarakat di Kecamatan Rumpin. Karena banyaknya pepohonan bambu yang rumpun, hingga di artikan sebagai nama Rumpin.

Pemerhati Kecamatan Rumpin Mulya Diva menyebutkan, kata Rumpin itu berawal dari Rumpun. Kalu mengulik lebih dalam, ada sebuah perkampungan yang saat ini dikenal Kampung Rumpin Dalam (Rudal). Dikampung tersebut sangat rumpun pepohonan bambu.

Baca Juga: Sejarah Panjang Berdirinya Kabupaten Bogor, Berkat Salah Satu Tokoh Perjuangan Bernama Ini?

"Jadi dipastikan kata Rumpin itu berawal kata Rumpun. Yang artinya rumpunnya pepohonan bambu. Hal ini juga sudah tertulis di RPJMDes Desa Rumpin," terang Ozos sapaan akrabnya.

Ia menuturkan, sebelum kemerdekaan masyarakat di Kecamatan Rumpin menggunakan aliran kali cisadane untuk kegiatan perekonomian, bahkan aliran tersebut dijadikan alat transfortasi jalur perdagangan. Sehingga banyak masyarakat mengirim bambu dengan cara dihanyutkan di Kali Cisadane.

Baca Juga: Sejarah Lengkap Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor, Ternyata Ada Di Masa Kolonial Belanda

"Aliran cisadane ini kan, mengaliri hingga tangerang selatan hingga kota tangerang dan wilayah jakarta barat," terang Ozos sapaan akrabnya.

Menurut Ozos, tanaman bambu hampir merata di 14 desa di Kecamatan Rumpin. Dari berbagai macam jenis bambu, banyak dimanpaatkan oleh masyarakat di Kecamatan Rumpin hingga saat ini. Mulai dari pembuatan kerajinan hingga pembuatan gazibu.

Halaman:

Editor: Wawah HB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X