Sejarah Singkat Jasinga Kabupaten Bogor yang Melegenda pada masanya. Cek Faktanya

- Selasa, 17 Januari 2023 | 09:41 WIB
Fotret Jasinga Masa Lampau (Tangkapan layar (Kalakay Jasinga) )
Fotret Jasinga Masa Lampau (Tangkapan layar (Kalakay Jasinga) )

HalloBogor, Kabupaten Bogor Memiliki Wilayah Kecamatan yang sangat unik namanya dan memiliki sejarah panjang dari jaman terdahulu seperti Jasinga wilayah Perbatasan dengan Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Sebagian masyarakat diluar Kabupaten Bogor mungkin sudah sering mendengar nama Jasinga, siapa sangka ? Bahwa jasinga memiliki budaya dan warisan adat yang sangat menarik untuk diulik. 

Jasinga terletak di Kabupaten Bogor bagian barat, orang tua jaman dulu mengatakan bahwa Jasinga adalah Bogor-Banten karena memang daerah ini berdekatan dengan perbatasan Bogor dan Provinsi Banten.

Saat ini Jasinga menjadi wilayah Dapil 5  meliputi daerah Cigudeg, Nanggung, Tenjo, Sukajaya, Rumpin, Leuwisadeng, Leuwiliang Parung Panjang, dan Jasinga.

Jasinga merupakan perbatasan dengan Provinsi Banten walaupun santer terdahulu bahwa Jasinga ingin diambil oleh Banten hingga saat ini Jasinga masuk ruang lingkup wilayah kabupaten Provinsi Jawa barat. 

Asal usul nama Jasinga terdapat beberapa versi ada yang mengatakan nama Jasinga berasal dari seekor singa yang melegenda yang menjelma jadi manusia dan sebagian juga ada yang mengatakan bahwa nama tersebut diambil dari Raja Tarumanegara 1 bernama Jayasinghapura.

Karena identik dengan nama “singa” Jasinga pun memiliki budaya beranama singa depa.

Singa depa biasanya dilaksanakan pada saat perkawinan dan sunatan, caranya dengan mengarak pengantin dan orang yang akan disunat.

Selain singa depa ada juga budaya bernama angklung gubrag hanya saja saat ini terancam punah karena jarang sekali anak muda yang mau meneruskan budaya angklung gubrag ini.

Halaman:

Editor: Nurdin Ruhendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X